Tuesday 10 September 2019

Dzikir, Do'a Dan Istighotsah Malam 10 Muharam ( "Asyura' )

Tradisi yg sudah dihidupkan oleh ulama ulama salaf yaitu menghidupkan malam Asyura’ dgn dzikir dan do’a.

Menghidupkan malam hari asyura’ dengan memperbanyak dzikir dan membaca Q.S Al-Ikhlas sebanyak 1000 kali.
“Barang siapa menghidupkan malam asyura’ dengan beribadah kepada Allah SWT, maka seolah-olah ia telah beribadah seperti ibadahnya para malaikat di langit”.

Dalam kitab fath al-barri disebutkan bahwa : ada beberapa kalimat do’a yg barang siapa mengucapkannya di hari asyura’ maka ia akan diselamatkan dari matinya hati. (mati hati lebih berbahaya di banding matinya jasad ini).

Barang siapa yg mengerjakan ibadah pada malam Asyura’ , maka dia seakan-akan beribadah kepada Allah seperti beribadahnya semua mahluk yg berada di tujuh langit. Hal ini sebagai mana yg disebutkan dalam kitab I’anatu al-Thalibin. al-Allamah al-Dairabi dan Sayid Muhammad al-Amir menukil keterangan Imam al-Ajhuri yg mengatakan bahwa : “Barang siapa yg pada malam atau hari Asyura’ membaca wirid :

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ اْلمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْر 70x

Insya Allah sepanjang tahun akan di lindungi oleh Allah dari musibah dan hal yg buruk.

Adapun doa pada malam asyura’

بسم الله الرحمن الرحيم وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَمْ سُبْحَانَ الله مِلأَ الْمِيْزَانِ وَمُنْتَهَىَ الْعِلْمِ وَمَبْلَغَ الِّرضَى وَزِنَةَ الْعَرْشِ لَا مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَا مِنْ اللهِ إِلّاَ إِلَيْهِ. سُبْحَانَ الله عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوِتْرِ وَعَدَدَ كَالِمَاتِهِ التَّامَّاتِ كُالِّهَا، أَسْأَلُكَ السَّلَامَةَ كُلِّهَا بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَامَ الرَّاحِمِيْنَ، وَلاَ حَوْلَا وَلاَ قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ، وَهُوَ حَسْبِى وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْم الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ ، وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى نَبِيِّنَا خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ أَجْمَعِيْنَ
كنز النجاح والسرور : ٨٤-٨٥

(Lihat Kitab Kanzun Najah Wassurur halaman 84-85)

Subhaanallohu mil ul miizaana wa muntahal ilmi wa mablaghor ridho wa zinatal arsy, walhamdulillahi mil ul miizaana wa muntahal ilmi wa mablaghor ridho wa zinatal arsy, walloohu akbaru mil ul miizaana wa muntahal ilmi wa mablaghor ridho wa zinatal arsy, laa malja a wa laa manjaa minalloohi illaa ilaihi. Subhaanallohu ‘adadas syaf’i wal watri wa ‘adada kalimaatillahit taammaati kullihaa, walhamdulillahi ‘adadas syaf’i wal watri wa ‘adada kalimaatillahit taammaati kullihaa,walloohu akbaru ‘adadas syaf’i wal watri wa ‘adada kalimaatillahit taammaati kullihaa. As alukas salaamata bi rohmatika yaa arhamar roohimiin. Wa laa haula wa laa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adhiim. Wa shollalloohu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shohbihii ajma’iina. Walhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. Amin.

Kurang lebi artinya : kalimah Subhanallah (Mahasuci Allah) akan memenuhi mizan (timbangan amal), menjadi ilmu yang tinggi, menjadi pusat ridlo, menjadi penghias Arsy (Singgasana Allah).  kalimah Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah) akan memenuhi mizan, menjadi ilmu yang tinggi, menjadi pusat ridlo, menjadi penghias Arsy. kalimah Allahu akbar (Allah Maha Besar) akan memenuhi mizan, menjadi ilmu yang tinggi, menjadi pusat ridlo, menjadi penghias Arsy. Tiada yang menyelamatkan dari murka Allah kecuali hanya Allah. Maha suci Allah pemberi syafa’at/pertolongan, sebanyak kalimat(tanda kekuasaan)-MU semuanya. Segala puji Bagi Allah pemberi syafa’at/pertolongan, sebanyak kalimat(tanda kekuasaan)-MU semuanya. Maha besar Engkau ya Allah pemberi syafa’at/pertolongan, sebanyak kalimat(tanda kekuasaan)-MU semuanya. Aku memohon keselamatan dengan rahmat-MU, wahai dzat yang paling berkasih sayang. Tiada daya dan kekuatan kecuali dari-MU Allah yang maha tinggi dan maha Agung. Shalawat dan Salam semoga senantiasa Engkau curahkan ke haribaan junjungan Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya semuanya. Segala puji bagi Engkau yaa Allah Tuhan semesta Alam.

Tidak hanya sejarahnya yang perlu untuk kita ketahui, namun do’a-doa yang telah dicontohkan oleh para Nabi terdahulu dalam Al-Qur’an juga merupakan salah satu hal yang patut untuk kita teladani. oleh karena itu, oleh para asatidz/ustadzat kami, kita dianjurkan untuk memperbanyak membaca istighfar. Berikut ini merupakan dzikir istighfaarot yakni dzikir istighfar sebagai wujud permohonan kita kepada Allah SWT agar berkenan mengampuni segala dosa yang telah kita lakukan.

ISTIGHFAROT HARI ASYURO’

Penjelasan KH Ihya' Ulumuddin Pondok Pesantren Nurul Haromain Pujon Malang

“Di hari ini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan umat Islam agar bertaubat dan para ulama menganjurkan agar bersedekah kepada anak-anak yatim, tidak seperti orang Syi’ah yang mengisi Hari Asyura tidak dengan istighfar memohon taubat, tapi menyesali terbunuhnya Sayyidina Husein bin Ali bin Abi Thalib di Karbala,” jelas KH. Ihya’.

Sebelum memulai acara Istighfarot Asyura, KH. Ihya’ menjelaskan tentang keutamaan melaksanakan puasa tanggal 10 Muharram serta ibadah-ibadah yang dianjurkan untuk dihidupkan pada hari itu. “Umat Islam mengisi Hari Asyura dengan berpuasa, perbanyak sedekah, memberikan kelapangan nafkah pada keluarga serta bertaubat atas segala dosa,” jelas KH. Ihya’.

KH. Ihya’ juga memaparkan beberapa peristiwa penting yang terjadi di Hari Asyura, antara lain diterimanya taubat Nabi Adam a.s., Nabi Yunus a.s. selamat dari perut ikan paus, Nabi Musa a.s. dan kaumnya selamat dari kejaran Fir’aun dan sebagainya.

“Di hari ini Allah mengampuni hamba-hamba–Nya yang bertaubat, serta memohon ampun atas semua dosa yang telah diperbuat, sehingga hari ini merupakan hari pengampunan. Itulah di antara alasan mengapa Hari Asyura diperingati,” kata KH. Ihya’.

KH. Ihya’ menambahkan, bahwa Khalifah Umar bin Abdul Aziz terbiasa mengumpulkan kaum Muslimin di Hari Asyura untuk bersama-sama melakukan pertaubatan dengan membaca istighfarot para Nabi. “Dosa akan membuat hidup kita susah. Dengan diampuninya dosa, maka akan banyak kelancaran dalam banyak hal. Para ulama berkata bahwa mengakui dosa akan menghapus dosa,” imbuhnya.

إِسْتِغْفَارَاتُ يَوْمِ عَاشُوْرَاء
Istighfar Hari Asyuro’
الجمع والترتيب:
أبي محمد احياء علوم الدين

خديم معهد نور الحرمين الإسلامي
 ببوجون مالانج جاوي الشرقي إندونيسيا

بسم الله الرحمن الرحيم

١. رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْلَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ
(لنبي الله آدم) ١٠×

Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi

٢. وَإِلاَّ تَغْفِرْلِى وَتَرْحَمْنِى أَكُنْ مِنَ ْخَاسِرِيْن
َ(لنبي الله نوح) ١٠×

dan jika Engkau tidak mengampuni saya  dan memberi rahmat kepada saya, niscaya pastilah saya  termasuk orang-orang yang merugi

٣. رَبِّيْ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْلِى(لنبي الله موسى) ١٠×

Ya Tuhan kami, sesungguhnya saya  telah menganiaya diri saya sendiri, maka ampunilah saya.

لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ
(لنبي الله يونس) ١٠×

Tiada tuhan selain Engkau, Maha suci Engkau, sesungguhnya kami termasuk orang orang yang dzolim

٤.  اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ظَلَمْتُ نَفْسِى وَاعْتَرَفْتُ بِذَنْبِى فَاغْفِرْلِى إِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ(لرسول الله) ١٥×

Ya Alloh, Engkau adalah Rabb-ku, tiada Tuhan selain Engkau kami telah menganiaya diri saya sendiri dan saya mengakui akan dosaku, maka ampunilah  kami, sesungguhnya tiada yang memberikan ampunan kecuali Engkau.

٥. اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبِّى لاَ اِلَهَ إِلاَّ اَنْتَ خَلَقْتَنِى وَأَنَا عَبْدُكَ وَاَنَاعَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّمَا صَنَعْتُ أَبُؤُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُؤُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْلِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ(لرسول الله) ١٥×

 Ya Alloh, Engkau adalah Rabb-ku, tiada Tuhan selain Engkau, Engkau telah menciptakan diriku dan aku adalah hamba-Mu, aku telah berada dalam ikrar dan janji-Mu dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang aku perbuat, aku mengakui semua nikmat-Mu kepadaku, dan aku mengakui segala dosa-dosaku, maka ampunilah aku, karena sesungguhnya tiada yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Engkau.”

٦.  سُبْحَانَ الله ِمِلْءَ الْمِيْزَانِ وَمُنْتَهَى الْعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَى وَزِنَةَ العَرْشِ

Maha Suci Alloh sepenuh timbangan, sesempurna ilmu, sepenuh keridhaan dan timbangan 'arsy.

٧. اَلْحَمْدُ ِلله ِمِلْءَ الْمِيْزَانِ وَمُنْتَهَى الْعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَى وَزِنَةَ العَرْشِ

Segala puji bagi Alloh sepenuh timbangan, sesempurna ilmu, sepenuh keridhaan dan timbangan 'arsy

٨ . الله أَكْبَرُ ِمِلْءَ الْمِيْزَانِ وَمُنْتَهَى الْعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَى وَزِنَةَ العَرْشِ

Alloh maha besar  sepenuh timbangan, sesempurna ilmu, sepenuh keridhaan dan timbangan 'arsy

٩. لاَمَلْجَأَ وَلاَ وَمَنْجَا مِنَ اللهِ إِلاَّ اِلَيْهِ

Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari Alloh, kecuali hanya kepada-Nya.

١١. سُبْحَانَ الله عَدَدَ الشَّفْعِ وِالْوِتْرِوَعَدَدَ كَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّاتِ كُلِّهَا

Maha Suci Alloh sebanyak bilangan genap dan ganjil, dan sebanyak kalimat Allah yang sempurna

١١. اَلْحَمْدُ ِلله عَدَدَ الشَّفْعِ وِالْوِتْرِوَعَدَدَ كَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّاتِ كُلِّهَا

Segala puji milik Alloh sebanyak bilangan genap dan ganjil, dan sebanyak kalimat Alloh yang sempurna

١٢.  الله أَكْبَرُ عَدَدَ الشَّفْعِ وِالْوِتْرِوَعَدَدَ كَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّاتِ كُلِّهَا

Alloh maha besar sebanyak bilangan genap dan ganjil, dan sebanyak kalimat Alloh yang sempurna

١٣.  أَسْأَلُكَ السَّلاَ مَةَ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Saya  memohon keselamatan dengan rahmat-Mu wahai Dzat Yang Paling Penyayang diantara semua yang penyayang.

وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Dan tiada daya upaya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Alloh Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung

١٤. ياَمُحَوِّلَ اْلأَحْوَالِ حَوِّلْ حَالَناَ إِلَى أَحْسَنِ اْلأَحْوَالِ بِحَوْلِكَ وَقُوَّتِكَ يَا عَزِيْزُ يَا مُتَعَالُ٣×

١٥. اَللَّهُمَّ إِنَّ هَذِهِ سَنَةٌ جَدِيْدَةٌ وَشَهْرٌ جَدِيْدٌ, فَأَعْطِناَ اللَّهُمَّ خَيْرَهَا وَخَيْرَمَا فِيْهَا, وَاصْرِفْ عَناَّ شَرَّهاَ وَشَرَّمَا فِيْهاَ, وَشَرَّ فِتْنَتِهَا وَمُحْدَثَاتِهَا, وَشَرَّ النَّفْسِ وَالْهَوَى وَالشَّيْطاَنِ الرَّجِيْمِ 12×

Ya Alloh , ini adalah tahun baru, bulan baru, maka berikanlah kebaikannya yaitu kemenangan,pertolongan, petunjuk dan aku berlindung dari kejahatan yang terkandung didalamnya

وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم والحمد لله رب العالمين

ISTIGHFAROT HARI ASYURO'

1. Robbana dholamna anfusanaa wa illam taghfir lana watarhamnaa lanakuunanna minal khosiriin
(10 x.)
2. Wa illa taghfirli watarhamni akum minal khosiriin ( 10 x. )
3. Robbi inni dholamtu nafsi faghfirli 10x.
Laa ilaaha illaa anta Subhanaka innii kuntu minad dhoolimiin(10x.)
4. Alloohumma anta robbii laa - ilaaha -illaa anta dholamtu nafsii wa'taroftu bi dzambii faghfirlii innahuu laa yaghfirud-dzunuuba illaa anta( 15x.)
5. Alloohummaa anta robbii laa ilaaha illa anta kholaqtanii wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatho'tu a-'uudu bika min syarri ma shona'tu abu'u laka bini'matika 'alayya wa abu'u bidzambii faghfirlii fainnahuu laa yaghfirud dzunuuba illa anta( 15 x.)
6. Subhanallohi mil'al miizaan wa muntahal 'ilmi wa mablaghor-ridlo wa zinatal 'arsyi.
7. Alhamdulillaahi mil'al miizaan wa muntahal 'ilmi wa mablaghor-ridlo wa zinatal 'arsyi.
8. Alloohu akbar mil'al miizaan wa muntahal 'ilmi wa mablaghr-ridlo wa zinatal 'arsyi.
9. Laa malja'a walaa manja'a minalloohi ilaa ilaihi.
10. Subhaanalloh 'adadas syaf'i wal- witri wa 'adada kalimaatillaahit- taammaati kullihaa
11. Alhamdulillaahi 'adadas syaf'i wal- witri wa 'adada kalimaatillaahit- taammaati kullihaa
12. Alloohu akbar 'adadas syaf'i wal- witri wa 'adada kalimaatillaahit- taammaati kullihaa
13. As'alukas-salaamah birohmatika yaa arhamar roohimiin  wa laa hawlaa walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil 'adhiim.
14. Ya Muhawwilal-ahwaal hawwil haalana ila ahsanil-ahwal bihawlika wa quwwatika ya 'Azizu ya Muta'aal  ( 3x )
15. Allohumma inna hadzihi sanatun jadiidatun wa syahrun jadiidun fa a'tina allohumma khoiroha wa khoiro ma fiiha, washrif 'anna syarroha wa syarro ma fiiha wa syarro fitnatiha wa muhdatsatiha wa syarron-nafsi wal hawa wasy-syaithoonir-rojiim
 Wa shollalloohu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa 'alaa aalihii wa shohbihii wa sallam wal hamdu lillaahi robbil 'aalamiin.

https://rifaudinahmad.wordpress.com
www.bangkitmedia.com
http://inpasonline.com
http://pustakadarulhikmah.blogspot.com
Dan sumber lainnya

No comments:

Post a Comment